Ahli IT juga harus bisa Berkomunikasi

Kuliah jurusan IT?

Tau matakuliah IPS / Interpersonal Skill ?

Pasti ada yang tanya apa itu interpersonal skill dan kenapa bisa ada mata kuliah itu di jurusan IT?

 

Nahh, sebelumnya kita harus tau dulu apa itu Interpersonal skill.

Interpersonal skill adalah kemampuan seseorang secara efektif untuk berinteraksi dengan orang lain maupun dengan rekan kerja, seperti pendengar yang baik, menyampaikan pendapat secara jelas dan bekerja dalam satu tim.

 

Jadi intinya disini kita belajar cara agar seseorang mampu membangun hubungan yang harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain.

 

hm, kali ini kita membicarakan tentang komunikasi.

Salah satu komponen dari proses komunikasi adalah menerima pesan, salah satunya ialah mendengarkan. Mendengarkan bukan secara harfiah menggunakan alat pendengaran (telinga) , tetapi memiliki arti yang lebih luas dengan penggunaan alat penerimaan pesan lainnya.

Ada empat alasan utama kenapa orang harus mendengar :

 


– Untuk memahami dan memperoleh informasi

– Analisis terhadap kualitas Informasi

– Membangun dan memelihara hubungan

– Menolong orang lain


 

Selain mendengarkan, kita juga harus memberikan respon terhadap apa yang kita dengar, setelah kita memberi respon kita akhirnya membujuk dan kemudian memberikan pemecahan masalah.

 

Dari alur tersebut itulah yang dinamakan interpersonal skill, dimana kita mendengar, memberi tanggapan, kemudian membujuk dan terakhir kita memecahkan kasus.

sesuai dengan algoritma di dalam mata kuliah pemrograman pertama juga di ajarkan seperti itu.

 

jadi, maksud dan tujuan dari kuliah ini adalah agar kita sebagai anak IT bisa berkomunikasi dengan baik.

belum jelas?

yahh, begini. kita harus komunikasikan kepada orang-orang bahwa siapa diri anda sebenarnya, selama ini anda hanya menjadi orang di balik lyar yang mengerjakan semua nya. untuk sekarang kita dilatih agar bisa berkomunikasi sehingga kita bisa menunjukkan diri kita sebenarnya, komunikasi dari kita b isa melalui hasil atau karya yang kita buat dan kita bagikan kepada orang-orang sehingga mereka mengetahui keahlian kita dan mereka menganggap kita ada tidak hanya sebagai pendukung lagi, tapi kita sebagai pemeran utamanya.

kenapa harus seperti itu ?

hm, di jaman sekarang ini semua sudah mulai berkompetisi untuk menjadi yang pertama, kalau kita tidak memulai inovasi kita sendiri, kita bakal kalah dengan kompetitor lain. jadi kita harus kompetitiv da inovativ.

sekian.

dunia